Kapan anak-anak diwajibkan berpuasa ?

IMG_0670

Imam Ahmad, Abu Daud dari Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, dia berkata, bersabda Rasulullah -shalallahu alaihi wasalam- :

(( مُرُوا أَبْنَاءَكُمْ بِالصَّلاَةِ لِسَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ ))

“Perintahkan anak-anak kalian shalat pada umur 7 tahun, dan
pukullah (jika menolak) pada umur sepuluh tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.”

IMG_2538_2

Dapat dijelaskan bahwa seorang wali atau orang tua wajib mengajarkan kepada anaknya untuk menjalankan ibadah shalat sejak usia tujuh tahun . Dan apabila sudah berusia sepuluh tahun cara mengajarinya lebih keras yaitu di pukul . Namun di pukul disini bukan berarti dianiyaya . Dan cara ini supaya di waktu anaknya baligh sudah terbiasa untuk menjalankan kewajibannya sebagi seorang hambanya Allah swt .

~Batas Usia Anak Untuk Puasa

IMG_20160521_192635

Jika melihat dari hadist diatas , maka sejak usia 7 tahun anak – anak harus sudah di latih dan diperintahkan untuk shalat , bukan puasa . Dengan demikian maka kewajiban seorang anak untuk menjalankan puasa jika sudah baligh. Seperti yang menjadi salah satu syarat wajib puasa , yaitu sudah baligh .

Baligh ,tercapai jika sudah keluar air mani melalui mimpi basah ini batasan baligh bagi anak laki – laki . Dan bagi anak perempuan yaitu telah mengalami haid . Tanda lain yaitu tumbuh rambut dan sudah berusia 15 tahun